Search
Jumat 25 Oktober 2024
  • :
  • :

Ada Soekarno-Hatta Bacakan Proklamasi di Google Doodle

MAJALAH ICT – Jakarta. Google kembali mengangkat tema peringatan Kemerdekaan Indonesia menjadi lambang pengganti logo Google, atau yang disebut dengan Doodle. Kali ini, yang digambarkan Google adalah sosok Proklamator Soekarno-Hatta saat membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Logo Google diganti dengan font huruf yang lebih tinggi dimana pada bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih. Huruf ‘oo’ sendiri digantikan Soekarno-Hatta yang diambil dari Tugu Proklamasi, Jl Proklamasi, Jakarta. 

Kehadiran ‘Indonesia’ di Doodle Google merupakan kali yang kesekian. Beberapa waktu lalu, menyambut Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, Google mengganti logo Google di halaman muka atau yang disebut dengan Doodle dengan tokoh pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Raden Mas Soewardi Soerjaningrat dipampang sosoknya menyambut 126 tahun ‘Ulang Tahun" lelaki kelahiran Yogyakarta, 2 Mei 1889 tersebut.

Melalu Google Doodle, ketika pengakses situs Google mengklik gambar ini, hasil pencarian akan memunculkan semua informasi tentang pahlawan pendidikan ini. Termasuk perjuangnnya sebagai pejuang Kemerdekaan dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia melalui pendirian Taman Siswa pada 1922. 

Pada tiap 17 Agustus, Google juga ikut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Memperingati HUT RI ke-69 tahun lalu, Google Doodle menampilkan hal-hal terkait HUT RI tersebut. Di antaranya adalah rumah-rumah adat Indonesia, anak sekolah melakukan penaikan bendera Merah Putih, orang-orang memakai ikat kepala Merah Putih dan juga hadirnya perempuan Bali dan dari Papua.