Search
Jumat 25 Oktober 2024
  • :
  • :

Kementerian Kominfo Siapkan Empat Program Besar Hadapi Tantangan ICT ke Depan

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan bahwa Kementeriannya menyiapkan empat program besar menghadapi tantangan teknologi informasi dan komunikasi yang dihadapi kedepan. Kementerian Komunikasi dan Informatika dikatakannya juga harus bekerja lebih keras, lebih cerdas dan terkoordinasi secara baik dengan berbagai instansi termasuk dengan pemerintah daerah.

Demikian disampaikan Menkominfo Rudiantara dalam sambutan tertulisnya pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Kantor Kementerian Komnikasi dan Informatika. "Menyikapi tantangan-tantangan tersebut, kita telah menyiapkan berbagai program yang kita sinkronisasikan dalam empat kelompok besar," ungkap Chief Rudiantara.

Dijelaskannya, Menurutnya, kelompok besar yang pertama yakni, percepatan realisasi pembangunan pita lebar (broadband) melalui implementasi 4G dan peningkatan efesiensi industri. “Dengan program ini kita harapkan menjadi enabler bagi perubahan struktur ekonomi agar semakin besar efeknya  terhadap peningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya sebagai dilansir situs remsi Kementerian Kominfo. 

Kelompok besar yang kedua, tambah Rudiantara, yakni peningkatan pelayanan di bidang TIK dengana memfokuskan pada program Cyber Security dan Governance, pelaksanaan e-Governance dan e-Commerce. Sementara, kelompok besar yang ketiga yakni, terkait dengan kebijakan percepatan migrasi penyiaran dari Analog ke digital untuk meningkatkan efesiensi penggunaan spektrukm frekuensi dan terbukanya peluang usaha baru dibidang penyiaran.

Adapun kelompok besar yang keempat adalah peningkatan pengelolaan Komunikasi Publik melalui program Government Public Relations (GPR). “Saya tegaskan bahwa, keempat kelompok program utama kita tersebut, merupakan bagian tak terpisahkan dari program prioritas pembangunan pemerintah secara menyeluruh yaitu pembangunan bidang Pertanian, energi, maritim, pariwisata, infrastruktur, perbatasan dan pengembangan SDM,” kata Rudiantara.

Rudiantara menambahkan, disamping empat kelompok prioritas pembangunan bidang Kominfo tersebut, pihaknya juga telah mempersiapkan program legislasi nasional berupa revisi UU Penyiaran, Revisi UU ITE dan penyiapan RUU Radio dan Televisi yang keduanya merupakan inisiatif DPR RI.