Search
Sabtu 26 Oktober 2024
  • :
  • :

Didukung Vendor-Vendornya, Indosat Fasilitasi Kedatangan Jerapah dari Australia

MAJALAH ICT – Jakarta. Indosat, anggota dari Grup Ooredoo, melanjutkan dukungannya pada Taman Margasatwa Ragunan (TMR) dengan memfasilitasi kedatangan sepasang Jerapah dari Taronga Zoo, Sydney, Australia. Setelah sebelumnya Indosat juga telah menyerahterimakan aplikasi mobile Ragunan Zoo kepada Taman Margasatwa Ragunan akhir Mei lalu.

“Ini merupakan wujud nyata komitmen kami mendukung Program Sister City antara Jakarta dengan Sydney. Semoga dengan bertambahnya koleksi satwa di Taman Margasatwa Ragunan, minat masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata ini akan meningkat. Kami berharap Jerapah akan menjadi satwa favorit bagi pengunjung dan dengan aplikasi mobile Ragunan Zoo, khususnya anak-anak dan pelajar, dapat lebih mengenal satwa tertinggi di dunia ini,” ujar Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan, “Kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Indosat dalam mendukung fasilitas rekreasi warga Jakarta. Dengan kedatangan sepasang Jerapah ini serta adanya aplikasi mobile Ragunan Zoo yang sebelumnya telah diberikan Indosat, kami yakin pengunjung akan lebih tertarik untuk datang ke Taman Margasatwa Ragunan. Semoga Indosat dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk sama-sama membangun Jakarta menjadi kota yang lebih baik lagi.”

Kedatangan sepasang Jerapah ini merupakan bagian dari kerjasama Breeding Loan satwa antara Taman Margasatwa Ragunan dengan Taronga Zoo yang merupakan bagian dari kerja sama sister city antara Jakarta dengan Sydney pada tanggal 30 Mei 1994. Breeding Loan satwa ini berupa pemberian sepasang Jerapah dari Taronga Zoo kepada Taman Margasatwa Ragunan dan peminjaman sepasang Harimau Sumatera selama 5 tahun dari Taman Margasatwa Ragunan kepada Taronga Zoo. Kerjasama ini telah mendapatkan persetujuan dari Presiden RI dan mendapat rekomendasi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Bambang Triana, Kepala Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, menambahkan, “Kami sangat bahagia mendapatkan sepasang Jerapah dari Taronga Zoo untuk melengkapi margasatwa yang ada di Ragunan. Kami juga sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Indosat yang memfasilitasi kedatangan jerapah ini.”

Sepasang Jerapah yang menambah koleksi Taman Margasatwa Ragunan tersebut mendapatkan nama dari Gubernur DKI Jakarta dan President Director & CEO Indosat. Dirgah, untuk Jerapah Jantan diberikan oleh Basuki Tjahja Purnama, dan Ayuri70, untuk Jerapah Betina diberikan oleh Alexander Rusli.

Untuk mendatangkan sepasang Jerapah dari Australia tersebut, Indosat didukung oleh beberapa mitra, antara lain Ericsson Indonesia, NEC Indonesia, Mitra Integrasi Informatika, Dentsu Inter Admark Media G. Ind, Sisindokom Lintas Buana, Datacomm Diangraha, Teleconsult Nusantara, Fluidic Indonesia, Bahtera Pesat Lintasbuana, Ayuta Samarthya, Mitra Teleinformatika Perkasa, Mandala Optima, Prima Tunggal Javaland, dan WIR Group Indonesia.

Sementara itu Aplikasi Ragunan Zoo yang sudah diserahterimakan kepada Taman Margasatwa Ragunan merupakan aplikasi mobile yang memuat berbagai informasi TM Ragunan baik itu informasi binatang, info jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, games interaktif, serta berbagai fasilitas yang ada di area kebun binatang. Aplikasi mobile Ragunan Zoo yang dikembangkan oleh pengembang muda lokal dukungan Indosat melalui program Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC), sekaligus berhasil 5 kali menjadi pemenang kompetisi tersebut yaitu Sandy Colondam. IWIC adalah Indosat Wireless Innovation Contest, sebuah kontes inovasi aplikasi mobile yang diselenggarakan secara tahunan oleh Indosat sebagai bagian dari kegiatan CSR perusahaan untuk terus mendorong generasi muda Indonesia menciptakan berbagai aplikasi mobile. Sandy Colondam merupakan salah satu bukti bahwa pemenang IWIC mampu menjadi technopreneur muda Indonesia yang sukses mengembangkan kemampuan berinovasi dalam bidang aplikasi menjadi bernilai komersial, melalui perusahaannya PT Inovidea Magna Global.

Para pengunjung dapat menikmati aplikasi ini dengan menggunakan operator manapun yang memiliki smartphone berbasis sistem operasi Android dengan mengunduh aplikasi Ragunan Zoo melalui layanan Google Play Store secara cuma-cuma (gratis). Hingga saat ini, Ragunan Zoo sudah diunduh lebih dari 6000 kali dengan rating 4,64 dari skala 5.