Search
Jumat 25 Oktober 2024
  • :
  • :

Telkom Sabet 3 Penghargaan Innovation Award

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) berhasil meraih tiga penghargaan Innovation Award 2013 dari Kementrian BUMN, pada acara BUMN Innovation Expo & Award 2013. Penghargaan tersebut meliputi The Best Product Innovation of Infrastructure Sector dengan inovasi IndiFinance, The Best Technology dengan Inovasi Indigo, dan The Best Corporate Innovation Culture & Management dengan kategori Gold Level.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri BUMN, Dahlan Iskan kepada Direktur Utama Telkom, Arief Yahya.  Acara yang digelar selama tiga hari mulai 27 sd 30 Juni di Hall A Jakarta Convention Centre itu diikuti oleh 43 BUMN dengan 110 inovasi unggulan BUMN yang berhasil lolos sampai tahap wawancara penjurian. 

"Harus disadari bersama bahwa untuk merangsang inovasi yang paling cepat adalah melalui BUMN, karena penggarapan, penugasan dan pelaksanakannya paling gampang, serta menikmati hasilnya juga paling gampang. Posisi kita dalam membuat inovasi Indonesia karena posisi kita yang sangat khusus. Oleh karena itu BUMN menjadi andalan Indonesia untuk merangsang inovasi perusahaan lainya,” ujar Dahlan.

Ketua Penyelenggara Irnanda Laksawan yang juga selaku Staf Ahli Menteri BUMN Bidang SDM dan Teknologi menegaskan, fokus kegiatan ini adalah mendorong munculnya inovasi teknologi dan produk unggulan BUMN yang harus sejalan dengan kinerja BUMN untuk meningkatkan daya saing. 

"Sebab, BUMN harus mampu menjadi penggerak inovasi di Indonesia. Selain itu, melalui inovasi teknologi dan produk unggulan yang ada, BUMN siap menghadapi era Asean Economy Community (AEC) yang mulai diberlakukan pada 2015 mendatang,” ujar Irnanda.

Sementara itu, Kepala BPPT Marzan Aziz Iskandar selaku ketua Tim Juri Inovasi menyampaikan BUMN Innovation Award 2013 baru pertama kali diselenggarakan dan bertujuan memberikan penghargaan kepada BUMN yang telah melakukan inovasi teknologi dan produk serta perangkat tim dalam mendorong berkembangnya semangat dan praktek di Indonesia. 

Tagline BUMN Innovation Award 2013 adalah i4i yang dibaca Innovation for Indonesia yaitu menuju perekonomian yang didorong oleh inovasi. Penilaian didasarkan dengan kuesioner, kebijakan perusahaan tentang inovasi, dampak internal, dan eksternal. Berkaitan dengan pameran, Telkom menampilkan tujuh inovasi unggulannya yakni Speedy Instan, Telkom Solution, Indigo, IndiFinance, Himbara-Link, UseeTV, dan SATU (Cloud Computing).