Search
Jumat 25 Oktober 2024
  • :
  • :

Prihatin Kasus IM2, Asosiasi Operator Se-dunia Surati SBY

MAJALAH ICT – Jakarta. Asosiasi operator se-dunia yang menggunakan sistem GSM, Global System for Mobile Communications Association (GSMA) turut prihatin terhadap putusan pengadilan tindak pidana korupsi terhadap IM2, anak perusahaan Indosat.

Direktur Umum GSMA Anne Bouverot dalam keterangan pers di Jakarta mengatakan, pihaknya yang mewakili 219 negara dari 800 operator seluler dan 200 perusahaan perangkat telekomunikasi, telah mengirimkan surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Juli lalu. "Kami prihatin atas dampak putusan pengadilan kepada pimpinan IM2," kata Bouverot. Surat tersebut dipublikasikan secara terbuka melalui laman situs resmi GSMA.

Anne menyebutkan, surat itu meminta Presiden membangun dialog konstruktif antara pihak penegak hukum dengan pelaku industri telekomunikasi, guna mencari solusi persoalan IM2 tersebut. Hal ini karena, kata Anne, ratusan penyelenggara jasa internet dan pengusaha telekomunikasi menjalankan bisnis yang sama dengan kerja sama antara Indosat-IM2. 

"Persoalan itu akan menghalangi dan menunda pemodal untuk memberikan layanan internet dan berisiko terhadap perekonomian di Indonesia," sesal Anne. GSMA, tambah Anne, bersedia berkomunikasi dengan pemerintah Indonesia, guna menyusun pedoman yang jelas soal regulasi telekomunikasi. Selain ke presiden SBY, GSMA juga melayangkan surat kepada Wakil Presiden Boediono dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring.

Sebagaimana diketahui, majelis hakim Pengadilan Tipikor memvonis mantan Direktur Utama IM2 Indar Atmanto penjara empat tahun dan denda Rp.200 juta atau Subsider tiga bulan kurungan penjara, serta menghukum IM2 denda sebesar Rp.1,3 triliun lebih.